pelajaran itu mengajari

Ada pelajaran menarik di hidup gw hari ini.. hahaha betapa indahnya dunia.. betapa Auloh sangat baik memberikan segala petunjuk untuk hidup!!!

Pernah denger ga ttg sesuatu hal akan kerasa ‘gunanya’ kalau uda hilang..

Pernah ngerasa aneh ga kamu bisa dengan reflek nengok ke orang yang kamu suka tanpa tau alasannya, tanpa dipanggil olehnya..

Pernah baca salah satu ilmu di fotografi ga bahwa penikmat foto akan ngeh duluan terhadap objek foto yang ngeliat ke kamera..

Nguk..

Meski jawabannya teoritis sekali cuman bole donk aga di colongin buat ncurhat hehehe..

Pertama.. semua itulah yang dinamakan habituasi, hal yang ‘dihilangkan’ dengan sementara oleh otak kita karena seringnya ‘didengar’ tanpa ada makna. Tapi taukah kamu otak kita juga dengan sadar menyadari bila ‘suara’ itu telah hilang… hihi

Kedua.. itu namanya procedural memory dalam tiga sistem consciousness yang saat hal ini bekerja otak sudah tidak sadar lagi karena telah ‘terlalu lama di dalam diri manusia.. manusia primitive sekalipun. Jd kita seperti ‘membaui’ kehadiran mereka, layaknya kelinci yang diberikan bau singa akan bereaksi lebih dasyat ketakutannya dibandingkan bila diberi gambar singa.

Lalu tentang teori yang ketiga.. psikologi kognitif, yang juga memberitahukan jawaban2x ini , memberikan penjelasan bahwa dalam suatu penelitian, mata kita mempunyai suhu warna yang sama dengan warna kuning, meski tidak berwarna kuning, meski berbeda-beda warna pupil mata.

Warna merah memang diketahui sebagai warna yang pertama kali akan kita liat dengan mata telanjang.. [langsung cecepe gitu pas ngeliat warna merah]. Tapi taukah kamu untuk melihat warna merah mata memerlukan akomodasi yang berat, oleh karena itu otak ‘membilangi’ mata untuk jauh-jauh dari warna merah agar tak lelah. nah makannya warna kuning yang mempunyai suhu warna yang tinggi dibawah warna merah menjadi lebiy kinclong dimata kita kita karena tidak memerlukan effort sebesar melihat warna merah.

Gimana-gimana seru tak? Hehe semoga berguna untuk yang lain..

0 comments:

About Me

My photo
anak tunggal lekat dengan orangtua ~ ibu menyusui ~ estri sayang suami ~ psikolog muda

cLock

Followers


Template Brought by :

blogger templates